Buang-buang Gas Karena Perut Kembung? Ini Solusinya

img

Jakarta, Perut kembung merupakan masalah umum yang sering Anda alami. Tetapi jika hal tersebut menyebabkan Anda terus-terusan buang gas, akan membuat Anda malu dan tidak nyaman jika harus berada di tengah banyak orang.

Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi buang-buang gas karena perut kembung, seperti dilansir onlymyhealth, Kamis (12/7/2012) antara lain:

1. Makan perlahan-lahan

Setiap kali Anda menelan makanan ketika makan, udara akan ikut masuk ke dalam saluran pencernaan. Makan secara perlahan dan mengunyah makanan dengan benar dapat mengurangi jumlah udara yang masuk ke pencernaan.

Hindari mengunyah permen karet karena akan membuat udara yang masuk ke saluran pencernaan lebih banyak dari biasanya.

2. Hindari minuman dan minuman yang menghasilkan gas

Udara juga dapat masuk ke dalam perut dan usus ketika Anda makan makanan dan minuman yang memicu timbulnya gas, seperti bir, soda dan kue spons.

3. Jangan merokok

Ketika Anda sedang merokok, Anda akan menelan udara lebih banyak. Selain itu, asap rokok mengandung zat yang dapat mengiritasi sistem pencernaan, menyebabkan perut kembung dan terlalu sering buang gas.

4. Kurangi makanan yang mengandung belerang

Kentut yang berbau tidak sedap disebabkan karena gas yang keluar mengandung belerang. Kurangi makanan yang mengandung belerang seperti telur, daging, dan kembang kol agar bau kentut tidak terlalu buruk.

5. Pertimbangkan mengambil obat Beano

Beano mengandung alpha-galaktosidase yang merupakan suplemen diet. Menurut penelitian, dosis tinggi Beano dapat mengurangi perut kembung sehingga Anda terbebas dari buang-buang gas yang mengganggu.

6. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan buang air besar. Hal ini juga mengurangi gejalnya seperti perut kembung yang penuh gas.

7. Batasi konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan dapat menyebabkan perut kembung karena dipenuhi gas. Hal ini terjadi karena sejumlah besar fruktosa dalam pemanis buatan yang tertelan tidak bisa diserap oleh usus kecil.

8. Ambil probiotik

Jika bakteri dalam usus terlalu sedikit atau terlalu banyak, seseorang mungkin akan mengalami perut kembung. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk probiotik. Probiotik tersedia dalam bentuk padatan maupun cairan.

Probiotik mendorong pertumbuhan ‘bakteri baik’ dalam sistem pencernaan. Sehingga probiotik dapat mengurangi gejala perut kembung, terutama jika disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar

Source : DetikHealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s