Tips Agar Komputer Tetap Aman Saat Liburan

detail berita

Foto: Dok. Okezone

Masa liburan telah tiba, namun saat masa-masa liburan, terkadang Anda lupa untuk memproteksi komputer Anda agar tetap aman.

Saat si kecil dalam masa liburan, mereka memiliki waktu lebih banyak untuk berada di depan komputer. Sehingga, mereka rentan menimbulkan risiko keamanan yang berasal dari internet.

Misalnya, ketika anak Anda menggunakan internet, bisa saja mereka mengakses akun email Anda, bahkan membuka spam message yang berisi penipuan. Terlebih bila ada virus Trojan dari keluarga SINOWAL yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi di komputer Anda.

Kemudian, akses Anda ke jejaring sosial pun dapat menimbulkan ancaman kriminalitas, jika Anda memposting status yang berisikan informasi yang dapat disalahgunakan pihak-pihak tertentu.

Oleh karena itu, untuk menjaga liburan Anda tetap nyaman dan jauh dari penipuan internet, berikut kami berikan tips dan trik yang dilansir dari Net-scurity, Jumat (6/7/2012).

Hati-Hati dengan Status di jejaring sosial
Terkadang karena semangat untuk liburan, kita sering memposting rencana liburan sekeluarga di jejaring sosial. Hal tersebut memungkinkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat melakukan tindakan kriminal.

Contoh tweet “saya besok mau liburan sekeluarga di luar kota selama satu bulan,” postingan tweet tersebut mungkin sepele buat Anda namun buat pihak-pihak tertentu, informasi tersebut dapat mereka gunakan untuk melakukan tindakan kriminal.

Jika Anda terpaksa harus memposting rencana dan kegiatan liburan Anda, sebaiknya sebelum liburan, Anda memproteksi akun jejaring sosial Anda.

Seperti Twitter misalnya, Anda dapat memproteksi tweet Anda. Jadi, ketika ada pihak-pihak diluar teman Anda tidak dapat mengetahui status Anda. Karena, di luar sana kemungkinan ada pihak-pihak yang mencari informasi tersebut untuk melancarkan aksi kriminalnya.
 
Instal parental controls komputer 
Jika Anda yang tak memiliki rencana liburan keluar rumah, dan mungkin membiarkan anak Anda menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer selama liburan. Anda sebagai orangtua disarankan menginstal “parental controls” untuk mengurangi resiko anak Anda mengakses situs-situs berbahaya (kekerasan,seksual).

Waspada ketika menggunakan fasilitas WiFi
Waspadalah terhadap fasilitas WiFi publik, Anda bisa saja menggunakan jaringan yang telah dibuat oleh para hacker untuk mencuri informasi apapun ketika Anda sedang berselancar.

Bila Anda terhubung dengan email, situs jejaring sosial atau toko online, pastikan Anda menggunakan koneksi aman (https), sehingga lalu lintas yang terenkripsi, informasinya tidak dapat diakses orang lain.

Pastikan Komputer Anda up-to-date
Malware selalu berusaha untuk mencari kelemahan di komputer Anda, jika komputer tidak up-to-datelubang keamanan dapat masuk ke dalam sistem untuk menginfeksi.

Oleh karena itu, Pastikan semua patch keamanan dan update terpasang dengan benar dan  pastikan komputer Anda memiliki perlindungan yang handal yang diinstal pada komputer Anda.

Source : techno.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s