Mouse dengan Mulut

detail berita

Tongue Drive (foto: Wired)

GEORGIA – Untuk menggerakkan kursi roda atau mengendalikan mouse komputer, sebentar lagi  mungkin hanya membutuhkan sebuah iPhone, sebuah penahan gigi (dental retainer), dan lidah yang ditindik.

Terobosan ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan orang mengalami cedera tulang belakang tingkat tinggi dan didaulat sebagai lompatan besar dalam sistem Tongue Drive (kendali lidah), yang sedang dikembangkan di Georgia Institue of Technology.

Diwartakan Msnbc, Jumat (24/2/2012), para penahan gigi yang sudah disesuaikan mengandung sensor medan magnet yang dipasang di empat sudutnya. Sensor tersebut berfungsi mendeteksi gerakan magnet kecil yang melekat pada lidah pengguna. Sistem ini dapat menafsirkan tujuh gerakan lidah yang berbeda untuk mengarahkan gerak kursi roda atau sekedar menjelajahi internet.

Sinyal dari penahan gigi tersebut dikirimkan ke iPhone atau iPod yang sudah dilengkapi perangkat  lunak untuk menafsirkan menafsirkan perintah yang diberikan lidah pengguna, melalui posisi magnet. Sedangkan perangkat mutakhir besutan Apple itu dilekatkan pada kursi roda menggunakan antarmuka buatan.

Tes awal mengindikasikan adanya peningkatan sensitivitas dalam sistem baru tersebut, sehingga bisa saja membuka kemungkinan untuk menambahkan perintah.

Tim ini telah merekrut 11 orang yang mengalami cedera tulang belakang tingkat tinggi sebagai juru penguji sistem. Lidah mereka masing-masing ditindik dan diberi benjolan kecil yang memiliki magnet.

“Pengguna telah dapat belajar untuk menggunakan sistem, memindahkan kursor komputer lebih cepat dan dengan akurasi yang lebih, bermanuver cepat melalui rintangan dengan jumlah tabrakan yang lebih sedikit,” kata Maysam Ghovanloo, teknisi dari Georgia Institute of Technology

 

Source : techno.okezone.com

Advertisements

Keuntungan dan Kerugian Merokok

Bahaya Merokok

A. Manfaat Menjaga Kesehatan Diri

Setiap orang harus menjaga kesehatannya supaya memiliki jasmani dan rohani yang kuat dan sehat, sehingga dapat menjalani hidup dan kehidupannya. Untuk menjaga jasmani yang kuat dan sehat diperlukan rohani yang kuat dan sehat pula artinya rohani yang tidak mudah tergoda oleh berbagai godaan yang dapat menjerumuskan diri pada perbuatan yang merusak jasmani.
Olahraga menjadi faktor pendukung dalam menjaga kesehatan diri sendiri. Salah satu hal yang menjadi faktor rusaknya kesehatan jasmani dan rohani adalah merokok . Kita harus berpikir jauh ke depan bahwa merokok dapat merusak kesehatan. Caranya dengan menghindari mengkonsumsi atau melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan, seperti merokok. Karena kebiasaan merokok dapat mengakibatkan ketergantungan yang dapat menganggu kesehatan.
Rokok sendiri adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah . Dan merokok pada awalnya adalah keperluan spiritual, seperti memuja dewa atau roh dari suku bangsa Indian di Amerika.

B. Bahaya Kebiasaan Merokok
Saat ini, terdapat 1.100 juta penghisap rokok di dunia. Tahun 2025 diperkirakan akan bertambah hingga mencapai 1.640 juta orang. Setiap tahunnya, 4 juta orang meninggal dunia karena kasus yang berhubungan dengan tembakau. Tahun 2030, gambaran ini akan meningkat mencapai angka 10 juta. Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1999, sekitar 250 juta anak-anak di dunia akan meninggal karena tembakau apabila konsumsi tembakau tidak dihentikan
Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, karena di dalam rokok sendiri terdapat ribuan unsur zat kimia yang terkandung. Dengan merokok, sama saja dengan menggunakan zat kimia secara tidak langsung dan juga menghancurkan organ-organ tubuh.
Secara garis besarnya, merokok dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian dokter, berbagai jenis kerugian merokok, yaitu:

1. Timbulnya penyakit kanker (kanker darah, kanker otak, kanker kulit)
2. Terjangkitnya penyakit jantung (kelainan jantung)
3. Timbulnya bercak-bercak di paru-paru (paru-paru berlubang)
4. Penyakit ginjal (karena tidak berfungsinya ginjal)

Menurut survei di beberapa SMP di Jakarta, setiap siswa di sekolahnya mulai mengenal bahkan mencoba merokok dengan presentase 40% sebagai perokok aktif yang terdiri atas 35% putra dan 5% putri. Dan berdasarkan pemantauan lanjutan dari para pelajar yang merokok itu sebanyak 25% Drop Out.
Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman.

Sehingga Yayasan Jantung Indonesia mendapat kesimpulan:
1. Dengan merokok dapat membuat pandai bergaul
2. Orang yang merokok terkesan lebih keren
3. Merokok meningkatkan prestasi belajar
4. Merokok dapat menghangatkan tubuh
5. Merokok membuat kelihatan dewasa
6. Merokok membuat penampilan lebih keren.

Continue reading

Waspadai Tidur Mendengkur

Sekarang ini boleh dikatakan kebanyakan orang kalau tidur mendengkur, walaupun tidak semua. Mungkin salah satunya adalah Anda sendiri. Kadangkala, orang tidur mendengkur itu tidak disadari. Yang tahu malah orang yang ada di sebelahnya, entah itu istrinya, suaminya, atau orang tuanya. Mengapa dikatakan orang tua, karena sekarang ini banyak juga anak-anak kecil yang mendengkur jika sedang tidur. Nah, kali ini kita akan mengulas tentang tidur yang mendengkur, dan mengapa harus diwaspadai. Apakah tidur yang mendengkur itu benar-benar berbahaya? Berikut penjelasannya.

Gangguan pernapasan saat tidur (sleep disordered breathing) yang kerap dianggap sepele adalah mendengkur, merupakan suara getaran saat tidur akibat sumbatan saluran napas atas. Umumnya disebabkan getaran langit-langit lunak dan pilar yang membatasi rongga bagian tengah faring. Tonsil yang membesar dan membran tenggorokon yang mulai kendur dan melebar juga bisa jadi penyebab datangnya suara mendengkur. Diperkirakan 20 persen pria berusia 30-35 tahun mendengkur setiap kali tidur dan pada usia 60 tahun angka ini mencapai lebih dari 50 persen. Data lain menyebutkan bahwa 45 persen laki-laki dan 30 persen wanita mendengkur setiap kali tidur. Sedangkan pada anak-anak usia 1-9 tahun, sekitar 3-12 persen mendengkur.

Ada 3 tipe mendengkur yang membahayakan yaitu Obstructive Sleep Apnea (OSA) Syndroma, central sleep apnea (CSA), dan sleep related hypoventilation (SRH). Obstructive Sleep Apnea (OSA) adalah syndroma yang paling sering terjadi, kurang lebih 2 persen pada wanita dan 4 persen pada pria usia 30 -60 tahun dan meningkat 20-50 persen pada usia lanjut. Pada Obstructive Sleep Apnea (OSA) syndroma, tanpa sepengetahuan dan diluar kesadaran kita (karena sedang tidur nyenyak), jalan napas tersumbat secara total sehingga kita tidak dapat bernapas. Agak lama kemudian barulah mulai bernapas lagi dengan sentakan dan bunyi yang sangat keras (biasanya sampai Anda terjaga). Kejadian seperti ini dapat terjadi beberapa ratus kali dalam semalam, akan menurunkan kadar oksigen dalam darah sampai di bawah normal sehingga membuat jantung Anda bekerja lebih keras dimana dapat mengundang masalah kardiovaskular.

Keluhan yang sering dialami adalah seseorang yang mendengkur adalah merasa ngantuk yang berlebihan disiang hari (hipersomnia) saat tidak melakukan kegiatan yang melibatkan fisik. Keluhan yang lain diantaranya adalah menjadi mudah lupa dan sulit berkonsentrasi dengan baik. Dalam jangka panjang orang tersebut akan mudah terserang penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung. Hal ini disebabkan karena jantung dan otak mereka akan mengalami kelelahan dan mudah rusak akibat sering dipaksa bekerja keras. Tidur menjadi tidak empurna sehingga selalu muncul rasa kantuk dan rasa lelah yang berlebihan di siang hari. Keluhan ini bisa disertai sakit kepala, darah tinggi, stroke dan jantung.

Continue reading

Manfaat Brokoli

Brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Menurut peneliti, zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Beberapa jenis tumbuhan lainnya yang juga mengandung zat kimia selain brokoli adalah kol bunga, tauge, kubis, dan pak choi. Menurut peneliti, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi oleh protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung. Nrf2 pada arteri yang bengkok atau area percabangan arteri, menurut peneliti, akan diganggu oleh sebuah protein dari area tersebut. Hal ini akan membuat fungsi perlindungan dari Nrf2 tersebut tidak bekerja. Tetapi, terang peneliti, sulforaphane terbukti bisa mengaktifkan kembali Nrf2 di area arteri yang berisiko tersebut dan mengembalikan kemampuan arteri untuk melindungi diri.

Zat yang dihasilkan, menurut peneliti, bisa melindungi area yang bermasalah tersebut agar bebas dari penyakit untuk jangka waktu yang lebih lama. Peneliti menemukan bahwa lapisan dalam sel-sel pada percabangan dan arteri yang melengkung kekurangan bentuk Nrf2 yang aktif. Hal ini bisa menjelaskan mengapa area tersebut lebih berisiko mengalami peradangan dan penyakit. Pengobatan dengan komponen alami sulforaphane, terbukti mengurangi perdangan dengan cara mengaktifkan kembali Nrf2 di area yang sangat berisiko.

Tips Tidur Malam agar Nyenyak

Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidur melepaskan semua kepenatan kita selama satu hari penuh untuk kembali me-recharge tenaga untuk mengawali aktifitas esok hari.

Lama waktu tidur yang normal untuk orang dewasa adalah 8 jam. Namun, ternyata tidak semua orang dapat tidur sesuai waktu tidur normal tersebut. Saat tidur, tubuh kita juga memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir. Sayangnya, banyak orang yang merasa sulit tidur saat malam hari. Walaupun sudah berniat untuk tidur, tapi mata tidak bisa terpejam dan tidak ada rasa kantuk. Bagaimana agar Anda dapat menikmati tidur nyenyak di malam hari?

Jangan makan berlebihan di malam hari

Usahakan agar makan malam Anda tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.

Jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur

Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa. Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Anda relaks menjelang waktu tidur Anda. Itu akan sangat membantu agar Anda cepat tidur.

Mandi dengan air panas

Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat Anda lakukan 1 jam sebelum tidur.

Continue reading