Ikan Laut Meningkatkan Kesuburan Pria

Untuk meningkatkan kesuburan pria bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya mengonsumsi ikan laut seperti salmon atau tuna. Mau bukti?

Sebuah studi dari University of Illinois melaporkan asam dokosaheksaenoat (DHA) (asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang omega-3, red) diperlukan untuk membangun lengkungan yang merubah sel. Dari sperma bulat imatur menjadi perenang hebat berkepala runcing dengan ekor panjang ekstra.

“Sel sperma normal mengandung struktur busur yang disebut akrosom, yang penting dalam fertilisasi karena mengatur dan mengonsentrasi berbagai enzim yang digunakan sperma untuk menembus sel telur,” tutur Manabu Nakamura, seorang profesor biokimia dan molekuler gizi, sebagaimana dilansir Times of India, Rabu (11/1/2012).

Studi ini menunjukkan untuk pertama kali bahwa DHA sangat penting membangun blok akromosom bersama-sama.

“Tanpa DHA, struktur penting ini tidak membentuk sel sperma dan tidak bekerja,” kata Timothy Abbott, seorang mahasiswa doktor yang turut menulis penelitian.

Para ilmuwan menjadi tertarik dengan peran DHA dalam menciptakan sperma yang sehat ketika mereka bereksperimen dengan tikus “KO” yang tidak memiliki gen penting untuk sintesis.

“Kami melihat jumlah sperma, bentuk, dan motilitas, dan diuji tingkat keberhasilan penangkaran. Para tikus jantan yang kekurangan DHA pada dasarnya subur,” kata Nakamura.

Tapi ketika DHA diperkenalkan ke makanan tikus, kesuburan benar-benar dipulihkan.

“Itu sangat mencolok. Ketika kita beri tikus asupan yang mengandung DHA, semua kelainan yang ada mengalami perbaikan,” katanya.

Para ilmuwan kemudian menggunakan mikroskop tiga dimensi untuk melihat irisan tipis jaringan dalam tahap perkembangan progresif dari sel sperma.

Mereka melihat dengan tidak adanya DHA, vesikel terbentuk, tetapi mereka tidak datang bersama-sama untuk membuat lengkungan yang sangat penting dalam struktur sel sperma, tambah Nakamura

Source :http://health.okezone.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s